Biologi dan Perannya dalam Kehidupan

Selamat pagi sahabat! Sekarang kita akan belajar mengenai Biologi untuk kelas X. Untuk pembahasan Biologi yang pertama ini, kita akan belajar mengenai pengertian Biologi, objek Biologi, cabang-cabang Biologi, dan peran biologi dalam kehidupan.

Apa sih Biologi itu?

Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "bios" yang berarti hidup dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi, Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Kajian yang dipelajari dalam Biologi sangat beragam. Bukan hanya sebatas diri makhluk hidup itu sendiri, namun Biologi juga mengungkap keterkaitan antara makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan benda mati.

Apa objek yang dipelajari dalam Biologi?

Objek yang dipelajari dalam Biologi mencakup seluruh organisme hidup (komponen biotik) beserta lingkungannya (komponen abiotik). Komponen biotik merupakan unsur yang meliputi semua makhluk hidup. Adapun komponen abiotik adalah seluruh unsur makhluk tak hidup. Komponen biotik yang dipelajari sebagai Objek Biologi mencakup seluruh organisme hidup yang terdiri dari 5 (lima) kingdom.

Apa itu kingdom?

Kingdom dalam Biologi adalah tingkatan paling atas dari tingkatan klasifikasi makhluk hidup. Kelima kingdom tersebut adalah Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Gambar berikut ini menunjukkan adalah kelima kingdom tersebut. Keterangan gambar: (a). Bakteri (Monera), (b). Paramaecium (Protista), (c). Jamur (Fungi), (d). Tumbuhan (Plantae), (e). Hewan (Animalia).


Tadi disebutkan bahwa komponen abiotik juga termasuk dalam objek yang dipelajari dalam Biologi. Lalu komponen abiotik apa yang dipelajari?

Komponen abiotik yang juga sebagai objek Biologi, di antaranya adalah suhu, pH, cahaya matahari, kadar oksigen, tekanan osmotik, dan kelembaban. Komponen-komponen abiotik ini mampu memengaruhi komponen biotik dan juga sebaliknya. Cabang ilmu yang mempelajari interaksi antara komponen biotik dan abiotik secara khusus adalah Ekologi.

Organisme hidup dipelajari dalam berbagai tingkatan. Dari tingkatan yang paling kecil sampai yang besar dimulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.

Ekologi seperti yang disebutkan di atas adalah salah satu cabang Biologi. Lalu apa cabang Biologi yang lain?

Cabang-cabang Biologi di antaranya adalah:

  1. Mikrobiologi: ilmu yang mempelajari tentang organisme berukuran mikroskopik
  2. Botani: ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
  3. Zoologi: ilmu yang mempelajari tentang hewan
  4. Sitologi: ilmu yang mempelajari tentang sel
  5. Fisiologi: ilmu yang mempelajari tentang proses serta fungsi organ tubuh
  6. Evolusi: ilmu yang mempelajari tentang asal-usul kehidupan dan perubahan suatu organisme dari waktu ke waktu
  7. Morfologi: ilmu yang mempelajari tentang struktur atau bentuk luar suatu organisme
  8. Ornitologi: ilmu yang mempelajari tentang burung
  9. Virologi: ilmu yang mempelajari tentang virus
  10. Bakteriologi: ilmu yang mempelajari tentang bakteri
Apa peran Biologi dalam kehidupan?

Biologi sangat berperan besar dalam kehidupan. Berbagai penemuan telah berperan menyejahterakan kehidupan manusia.

Dalam bidang pertanian, misalnya, kini telah banyak ditemukan bibit unggul sehingga dapat dipanen lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak. Berbagai jenis pupuk juga telah banyak tersedia sehingga dapat membantu peningkatan hasil pertanian. Dalam bidang kesehatan, juga telah banyak ditemukan berbagai antibiotik. Selain itu juga banyak ditemukan berbagai jenis obat-obatan. Biologi juga mengngkap berbagai penyakit yang terjadi di masyarakat. Dalam bidang peternakan, banyak ditemukan hewan ternak bibit unggul sehingga mampu meningkatkan hasil peternakan manusia. Juga banyak manfaat dari Biologi di bidang-bidang lainnya.

Apakah Biologi hanya memiliki peran yang menguntungkan saja dalam kehidupan?

Hal tersebut bergantung pada diri manusia masing-masing. Manusia adalah makhluk yang dominan di muka bumi. Ia memiliki akal dan pikiran untuk mengendalikan sesuatu di bumi ini. Jika akal dan pikirannya digunakan untuk hal-hal yang baik tentu saja akan terasa manfaat dari Biologi. Sebaliknya, apabila akal dan pikirannya digunakan untuk hal yang buruk, tentu tindakannya dapat merusak alam. Contohnya adalah pembuatan senjata biologis yang sangat mematikan seperti anthraks (Bacillus anthracis) yang mampu membunuh manusia dalam waktu cepat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Biologi memiliki dua peran yaitu negatif atau positif dalam kehidupan ini. Namun, hal itu bergantung dari manusia itu sendiri. Apakah ia memiliki kesadaran terhadap perannya di bumi ini. Seperti firman Tuhan dalam al-Quran, bahwa manusia diciptakan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka Bumi. Sebagai seorang pemimpin tentunya ia harus memelihara bumi ini, tidak malah merusaknya.

Untuk lebih memahami materi di atas silakan lihat peta konsep berikut ini:



Artikel di atas diambil dari buku "Mudah dan Aktif Belajar Biologi untuk Kelas X" yang dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran, silakan kirim melalui email ke edukasi@anashir.com.


Gambar yang dicantumkan di artikel ini mungkin memiliki hak cipta dan dicantumkan di sini hanya sebagai ilustrasi

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan (ads blocker).

Dukunglah blog ini dengan mematikan ads blocker di browser jika Anda menggunakannya atau mematikan mode penghematan data di browser opera.

Terima kasih atas dukungannya.

×