Pengertian dan Ilmu Pendukung Geografi

Hai sahabat! Kali ini kita akan belajar mata pelajaran Geografi untuk kelas X. Materi yang akan kita pelajari kali ini adalah konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek Geografi. Apa sih Geografi itu? Apa saja cabang ilmu Geografi? Semuanya akan kita pelajari di materi ini.

Pengetahuan manusia mengenai Bumi sudah ada sejak lama. Hal ini dikarenakan planet Bumi merupakan tempat tinggal bagi manusia yang senantiasa berinteraksi dengan alam. Disadari atau tidak, interaksi antara manusia dengan lingkungan sekitarnya sudah terjadi sejak manusia itu dilahirkan. Sejak lahir manusia memerlukan berbagai unsur yang ada di Bumi seperti, udara bersih, makanan, pakaian, dan pemukiman.

Karena manusia telah berinteraksi dengan alam begitu lama tanpa disadari mulai mengajak setiap individu untuk merenung dan berpikir. Misalnya, mengapa permukaan Bumi tidak rata, tetapi terdapat gunung, bukit, lembah, palung, ngarai, dan sebagainya? Itulah salah satu pertanyaan yang secara otomatis mengarah ke pemahaman konsep-konsep Geografi.
Bencana Gempa dan Tsunami merupakan salah satu Gejala Geografi
(Sumber: Akun Flickr arkhangellohim, Lisensi: CC BY-NC-SA)
Masih ingatkah Anda dengan gempa bumi dan tsunami di Aceh beberapa tahun lalu? Gempa bumi dan tsunami telah menimbulkan banyak kerugian baik material, spiritual, dan bahkan hilangnya nyawa. Bencana ini telah menggambarkan secara ringkas ruang lingkup Geografi, mulai kejadian alam berupa gempa dan tsunami hingga pengaruhnya terhadap dinamika penduduk sebelum dan sesudah bencana.

Pengertian dan Batasan Geografi

Perkataan geografi berasal dari bahasa Yunani: geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Jadi, secara harfiah, geografi berarti tulisan tentang bumi. Oleh karena itu, Geografi juga sering disebut sebagai ilmu bumi. Akan tetapi, Geografi tidak hanya mempelajari tentang permukaan bumi saja, benda-benda luar angkasa pun turut menjadi objek kajian Geografi. Dengan demikian, pengertian Geografi dapatdapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang Bumi, penduduk, flora, fauna, iklim, udara, dan segala sesuatu yang berinteraksi dengannya. Berikut ini beberapa batasan dan definisi dari beberapa pakar Geografi.
  • Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha untuk menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lainnya di Bumi sebagai tempat kehidupan manusia. (Hart Shorne)
  • Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersbut. (Fielding)
  • Geografi adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi. (Yeates and Hagget)
  • Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. (seminar dan lokakarya geografi di Semarang tahun 1988)
  • Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur Bumi dalam ruang dan waktu. (R. Bintarto)
Selain pengertian Geografi dari para ahli yang disebutkan di atas, masih ada pengertian dari para ahli lainnya yang memberikan definisi serta batasan Geografi.

Ruang Lingkup Geografi

Seminar dan lokakarya Geografi di Semarang menyimpulkan beberapa ruang lingkup Geografi. Ruang lingkup Geografi meliputi pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam serta kehidupan di muka Bumi, interaksi antara manusia dan lingkungannya, dan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Secara garis besar Geografi dibagi menjadi dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek biologis, astronomi, kimiawi, dan sebagainya. Sementara aspek sosial meliputi aspek ekonomi, politik, antropologi, dan sebagainya.

Berikut ini adalah gambar ruang lingkup kajian geografi serta kaitannya dengan ilmu-ilmu yang terkait.
Ruang lingkup kajian Geografi serta kaitannya dengan ilmu lainnya
(Sumber: Wardiatmoko dan Bintarto)
Ilmu Penunjang Geografi

Berikut ini adalah ilmu-ilmu yang menunjang Geografi beserta penjelasannya.
  • Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari masalah atmosfer, misalnya, suhu, udara, cuaca, angin, dan berbagai sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.
  • Klimatologi adalah ilmu yang menyelidiki masalah iklim.
  • Astronomi, adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi, misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.
  • Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, terutama batubatuannya, misalnya, sejarah kejadian, komposisi, struktur, dan proses perkembangan batuan.
  • Geomorfologi (morfo artinya bentuk) adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
  • Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan, mencakup sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.
  • Hidrografi/hidrologi (hidro artinya air) adalah ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada di kerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, mencakup di dalamnya pola distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air. 
  • Oseanografi (ocean artinya laut) adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik dan sifat kimia kelautan.
  • Ekologi adalah ilmu tentang lingkungan hidup, mencakup di dalamnya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.
  • Biogeografi (bio artinya hidup) adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang faktor-faktor alam yang memengaruhi penyebaran makhluk hidup.
  • Geografi manusia adalah cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan penduduk.
  • Geografi politik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang negara yang ditinjau dari sudut pandang letak negara tersebut di muka bumi, sehingga dapat diketahui kondisi alamnya, karakteristik penduduknya, dan dasar-dasar pengambilan kebijakan politik dari negara tersebut.
  • Geofisika adalah ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi (bagian dalam) dengan metode atau teknik fisika, misalnya dalam mengkaji gempa bumi, gravitasi, dan medan magnet.
  • Geografi penduduk adalah cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang penduduk dan kaitannya dengan pengaruh lingkungan hidupnya sehingga dapat menampilkan karakter dan sosial-budaya yang beraneka ragam.
  • Geografi ekonomi adalah cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari tentang ekonomi penduduk meliputi distribusi perekonomian penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi alam.
  • Antropogeografi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari persebaran bangsa-bangsa di muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, disebut juga etnografi.
  • Paleontologi adalah ilmu tentang fosil-fosil dari bentuk kehidupan di masa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.
  • Geografi regional merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari kawasan tertentu secara khusus, misalnya, geografi Timur Tengah dan geografi Asia Tenggara.
  • Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mengkaji bentuk dan struktur permukaan bumi.
  • Geografi matematik adalah cabang ilmu geografi yang dapat digunakan untuk memperlihatkan bentuk, ukuran, dan gerakan bumi, misalnya, lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.
  • Geografi historis adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.
Cukup sekian dahulu materi yang kita pelajari kali ini. Materi ini merupakan ringkasan dari buku-buku yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud yang dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud.

Buku-buku yang dipakai dalam pembuatan artikel ini adalah:
1. Geografi: untuk SMA/ MA Kelas X, penyusun: Dibyo Soegimo, Ruswanto; cetakan tahun 2009.
2. Geografi 1: untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X, penulis: Iwan Gatot Sulistyanto; cetakan tahun 2009.
3. Nuansa Geografi 1: untuk SMA / MA Kelas X, penulis: Saptanti Rahayu, Eny Wiji Lestari, Maryadi; cetakan tahun 2009.
4. Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia: untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, penulis: Bambang Utoyo; cetakan tahun 2009.
5. Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta: untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah, penulis: Hartono; cetakan tahun 2009.

Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan dikirim melalui email ke edukasi@anashir.com. Terima kasih.


Gambar yang ditampilkan di artikel ini kemungkinan memiliki hak cipta, ditampilkan di sini hanya sebagai ilustrasi.

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan (ads blocker).

Dukunglah blog ini dengan mematikan ads blocker di browser jika Anda menggunakannya atau mematikan mode penghematan data di browser opera.

Terima kasih atas dukungannya.

×