Macam-Macam Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Sebelumnya telah dipelajari mengenai klasifikasi dan tata nama binomial makhluk hidup. Nah, kali ini kita akan mempelajari pembahasan mengenai macam-macam klasifikasi makhluk hidup.

Dalam sejarah, sistem klasifikasi telah beberapa kali diubah oleh ahli taksonomi yang disesuaikan dengan penemuan-penemuan terbaru. Nah, berikut ini adalah macam-macam sistem klasifikasi tersebut.

1. Sistem Dua Kingdom

Sistem ini dinyatakan oleh Aristoteles, seorang ahli yang berasal dari Yunani. Dua kingdom yang dimaksud oleh Aristoteles adalah sebagai berikut:
2. Sistem Tiga Kingdom

Sistem tiga kingdom dikembangkan oleh seorang ahli dari Jerman Ernst Haekel pada tahun 1866. Ia membagi makhluk hidup menjadi tiga kingdom yaitu Monera, tumbuhan, dan hewan.
3. Sistem Empat Kingdom

Pada tahun 1959 Robert Whittaker mencetuskan sistem empat kingdom. Klasifikasi ini didasarkan pada penemuan inti sel. Dia melihat ada makhluk hidup yang inti selnya tidak memiliki membran (prokariotik), misalnya, bakteri dan ganggang hijau biru. Ada makhluk hidup yang inti selnya diselimuti membran (eukariotik), misalnya, jamur, ganggang (selain ganggang biru), tumbuhan, dan hewan. Berikut inilah keempat kingdom tersebut:
 4. Sistem Lima Kingdom

(a). Monera, (b). Protista, (c). Fungi,
(d). Plantae, (e). Animalia
Sumber: Wikimedia Commons, Lisensi: CC BY-SA
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong R.H.Whittaker (1969) menyusun klasifikasi berdasarkan tingkatan makhluk hidup, susunan sel, dan cara memperoleh nutrisi.  Pada klasifikasi yang ia susun tersebut terjadi perubahan-perubahan yang besar dalam penataan filum. Hal ini disebabkan adanya tambahan satu kingdom, yaitu Protista. Klasifikasi ini disebut juga klasifikasi lima kingdom. Secara lengkap klasifikasi lima kingdom adalah sebagai berikut:
5. Sistem Enam Kingdom

Sistem enam kingdom, yaitu Virus, Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Dasar klasifikasi adalah virus belum merupakan sel karena tubuhnya tersusun dari asam nukleat yang diselubungi oleh protein.

Nah, itulah macam-macam sistem klasifikasi makhluk hidup. Pada artikel berikutnya akan dibahas tentang virus yang merupakan salah satu dari sistem enam kingdom dalam klasifikasi makhluk hidup. Jika ada yang ditanyakan silakan ditanyakan melalui alamat email edukasi@anashir.com. Artikel diringkas dari buku-buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud dan dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud.

Label: