Nomor Atom dan Nomor Massa

Hai sahabat! Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari kelanjutan dari struktur atom. Pada artikel sebelumnya, kita telah mengenal tentang atom dan partikel penyusunnya. Kali ini kita akan mempelajari tentang nomor dan massa atom.

Penulisan lambang atom unsur menyertakan nomor atom dan nomor massa seperti berikut ini:

A = Nomor massa
Z = Nomor atom
X = Lambang unsur

Apa itu nomor atom dan apa itu massa atom? Kedua besaran ini menyatakan identitas suatu atom untuk membedakan dengan atom-atom lain.

Nomor Atom

Jika suatu anode disinari dengan sinar katode maka akan dihasilkan sinar-X dengan panjang gelombang bergantung pada jumlah proton dalam atom logam yang dijadikan anode. Panjang gelombang sinar-X menurun dengan bertambahnya jumlah proton dalam atom logam. Pada percobaan lain, Henry Moseley (1887–1915) menemukan bahwa jumlah proton berbanding lurus dengan nomor atom. Jika jumlah proton bertambah satu satuan maka nomor atom unsur tersebut juga bertambah satu satuan.

Nomor atom menunjukkan jumlah muatan positif dalam inti atom (jumlah proton). Menurut Moseley jumlah muatan positif setiap unsur bersifat karakteristik, jadi unsur yang berbeda akan mempunyai nomor atom yang berbeda. Nomor atom dipakai untuk mengidentifikasi unsur kimia, misalnya angka atom hidrogen adalah 1, hal ini berarti hidrogen memiliki proton sejumlah satu.

Dari data di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

1. Setiap logam tersusun atas atom-atom logam dan atom logam disusun oleh proton, elektron, dan neutron. Oleh karena sinar-X bergantung pada proton maka jumlah proton merupakan sifat khas suatu atom.

2. Jumlah proton sebanding dengan nomor atom. Oleh karena itu, nomor atom menyatakan jumlah proton dalam atom dan bersifat khas untuk setiap atom. Jika atom bersifat netral, maka jumlah muatan positif (proton) dalam atom harus sama dengan jumlah muatan. negatif (elektron). Jadi, nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron. Nomor atom dilambangkan dengan Z. 

Z = np = ne
Contoh soal:
Berapakah jumlah elektron dalam atom natrium netral jika nomor atom natrium = 11?
Jawab:
Nomor atom (Z) = jumlah proton (np) = jumlah elektron (ne)
Maka jumlah elektron dalam atom natrium adalah 11.

Nomor Massa

Berdasarkan hasil percobaan spektograf massa diketahui bahwa satu macam unsur terdiri atas atom-atom dengan massa berbeda. Contohnya sebuah unsur karbon terdiri atas atom-atom dengan massa: 12, 13, 14. Ketiga bilangan ini dinamakan nomor massa dari atom karbon (nomor atomnya sama, yaitu 6). Di dalam atom hanya ada proton, elektron, dan neutron. Pada atom netral, jumlah proton sama dengan elektron. Oleh karena atom karbon hanya memiliki satu nomor atom maka yang membedakan massa atom adalah neutron. Jadi nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron. Nomor massa dilambangkan dengan A.

A = p + n

Contoh Soal:
Berapa jumlah neutron dalam atom neon yang memiliki nomor massa = 20 dan nomor atom = 10?
Jawab:
Nomor massa (A) = jumlah proton (p) + jumlah neutron (n)
Karena jumlah proton = nomor atom, maka dapat ditulis:
Nomor massa (A) = nomor atom (Z) + jumlah neutron (n)
20 = 10 + n, atau n = 20 - 10 = 10
Jadi jumlah neutron dalam atom neon adalah 10

Nah, itulah pengertian nomor atom dan nomor massa. Pada artikel berikutnya akan dibahas tentang isotop, isobar, dan isoton. Jika ada yang ditanyakan silakan ditanyakan melalui alamat email edukasi@anashir.com. Artikel diringkas dari buku-buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud dan dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud.

Label: