Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Bulan merupakan satelit Bumi dan Matahari merupakan satu-satunya benda di tata surya yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Nah, jika cahaya dari Matahari tertutup oleh Bulan atau oleh Bumi maka terjadi gerhana. Gerhana ada dua jenis yaitu gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

Gerhana Bulan

Gerhana Bulan dapat terjadi jika Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus dan Bumi berada di tengah-tengahnya. Akibatnya bayang-bayang Bumi mengenai Bulan, artinya cahaya Matahari yang menuju Bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan Bumi.

Gerhana Bulan sempurna terjadi jika Bulan lewat tepat pada ujung kerucut bayangan pusat (umbra) tetapi kalau Bulan hanya lewat daerah samping bayangan (penumbra) maka yang terjadi adalah gerhana Bulan sebagian.

Diameter Bumi lebih besar dari diameter Bulan. Seluruh bulatan Bulan akan tertutup oleh bulatan Bumi sehingga ketika peristiwa gerhana Bulan, seluruh permukaan Bumi yang saat itu terjadi malam hari akan mengalami gerhana Bulan yang berlangsung lebih kurang dalam rentang waktu 1 jam 40 menit.
Gerhana Bulan (Sumber: Jendela Iptek; Astronomi, 1997)
Gerhana Matahari 

Gerhana Bulan dapat terjadi jika Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus dan Bulan berada di tengah-tengahnya. Akibatnya bayang-bayang Bulan mengenai Bumi, dimana cahaya Matahari yang menuju Bumi pada siang hari terhalang bulatan Bulan. 

Di suatu tempat di Bumi jika Bulan tampak menghalangi Matahari sepenuhnya maka terjadi gerhana Matahari total. Sedangkan di tempat lain bila Bulan hanya menghalangi sebagian Matahari maka terjadi gerhana Matahari sebagian. 

Oleh karena diameter Bulan tidak lebih besar dari diameter Bumi, maka gerhana Matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan Bumi dan berlangsung lebih kurang 7 menit.
Gerhana Matahari (Sumber: Grolier Science Library; Space, 2004)
Gerhana seperti ini tidak hanya terjadi di permukaan Bumi saja. Di planet Mars juga pernah terjadi gerhana Matahari, di mana Matahari tertutup oleh satelitnya, yaitu Phobos dan Deimos. Selengkapnya mengenai gerhana di Mars silakan baca "Inilah Gerhana Matahari di Planet Mars".

Demikianlah artikel tentang “Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari”. Artikel ini diringkas dari buku-buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud dan dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Label: