al-Jumlah al-Mufidah (الجملة المفيدة)

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur'an. Bagi umat Islam, bahasa Arab sangat penting karena digunakan untuk memahami berbagai persoalan agama. Mari kita belajar bahasa Arab diawali dengan bab kalimat sempurna (الجملة المفيدة).

Kaidah:

- Susunan kata yang memberikan sebuah arti yang lengkap disebut sebagai sebuah kalimat yang sempurna (الجملة المفيدة) atau disebut juga sebagai sebuah perkataan.
- Sebuah kalimat yang sempurna tersusun atas dua kalimat atau lebih, dengan setiap katanya merupakan bagian dari kalimat tersebut.

Contoh:

1. البُستَانُ جَمِيلٌ 4.  قَطَفَ مُحَمَّدٌ زَهرَةً
2.  الشَّمسُ طَالِعَةٌ 5. يَعِيشُ السَّمَكُ فِى المَاءِ
3.  شَمَّ عَلِيٌّ وَردَةً 6. يَكثُرُ النَّخِيلُ فِى مِصرَ

Kosakata:

فِى = Di dalam
وَردَةً = Bunga Mawar
البُستَانُ = Kebun
المَاءِ = Air
قَطَفَ = Memetik
جَمِيلٌ = Indah
يَكثُرُ = Banyak
زَهرَةً = Bunga
الشَّمسُ = Matahari
النَّخِيلُ = Kurma
يَعِيشُ = Hidup
طَالِعَةٌ = Terbit
مِصرَ = Mesir
السَّمَكُ = Ikan
شَمَّ = Mencium/Menghirup

Pembahasan:

Jika kita lihat, nomor satu pada contoh di atas terdapat dua buah kata. Kata yang pertama adalah البُستَانُ yang berarti kebun dan kata kedua adalah  جَمِيلٌ yang berarti indah. Jika hanya satu kata saja yang dipakai misalnya البُستَانُ saja maka tidak akan menjadi kalimat yang sempurna karena kita tidak mengetahui bagaimana kebun itu. Begitu juga jika yang dipakai hanya جَمِيلٌ  saja juga tidak akan menjadi kalimat yang sempurna karena kita tidak mengetahui yang indah itu apa. Namun jika kedua kata dipakai البُستَانُ جَمِيلٌ maka akan menjadi satu buah kalimat yang sempurna yang berarti "Kebun itu indah". Begitu juga untuk contoh pada nomor-nomor yang lain.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sebuah kalimat yang sempurna harus terdiri dari dua kata yang saling berkaitan. Jika hanya satu kata saja maka tidak dapat disebut sebagai kalimat sempurna. Sementara untuk kata perintah seperti: قُمْ (berdirilah), اِجلِسْ (duduklah), تَكَلَّمْ (bicaralah), dsb merupakan sebuah kata yang dibaca pada waktu berbicara dengan orang lain dan sesungguhnya tidak hanya terdiri dari satu kata saja. Misalnya قُمْ (berdirilah), di dalam kata ini terdapat sebuah kata yang tersembunyi yaitu أَنتَ (kamu).

Sumber:

- Buku "An-Nahwu Al-Wadhih - Fii Qawaidi Al-Lughati Al-'Arabiyati". Penerbit: Darul Ma'arif - Mesir.

Label: