Vektor Satuan

Sebelumnya telah kita pelajari penjumlahan vektor baik itu penjumlahan metode grafis, penjumlahan metode analitis, dan penjumlahan metode uraian.  Dalam metode uraian kita mengenal adanya komponen-komponen vektor. Nah, komponen-komponen vektor tersebut memiliki vektor satuan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Sebuah vektor yang terletak di dalam ruang tiga dimensi memiliki komponen-komponen terhadap sumbu-x, sumbu-y, dan sumbu-z yang memiliki vektor satuan berturut-turut yaitu i, j, dan k. Perhatikan gambar di bawah ini yang melukiskan sistem koordinat tiga dimensi.
Vektor A dan vektor satuannya dalam tiga dimensi
Sebuah vektor A terletak pada ruang, lalu diproyeksikan menjadi komponen-komponen vektor Ax, Ay, dan Az. Secara matematis, vektor tersebut dapat dinyatakan sebagai penjumlahan dari tiga buah vektor, yaitu

AAx i + Ay j + Ak

Besar vektor A dapat dihitung dengan menentukan komponen-komponen vektor yang saling tegak lurus satu sama lain melalui persamaan,

Dalam analisis vektor satuan, jika dua buah vektor sama, besar komponen-komponennya juga harus sama. Misalnya,

Ax i + Ay j + Az k = Bx i + By j + Bz k

Besar resultannya dinyatakan dengan aturan sebagai berikut:

= (Ax Bx) i + (Ay By) j + (Az Bz) k
= (Ax Bx) i + (Ay By) j + (Az Bz) k

Demikianlah pembahasan kali ini. Berikutnya kita akan membahas mengenai perkalian vektor. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan (ads blocker).

Dukunglah blog ini dengan mematikan ads blocker di browser jika Anda menggunakannya atau mematikan mode penghematan data di browser opera.

Terima kasih atas dukungannya.

×